Embleg a.k.a Kuda Lumping

11:16:00 PM


Suatu saat ­ketika saya pulang kampung, saya dengar mau ada pagelaran Embleg atau lebih dikenal Kuda Lumping di desa saya. Wow, entah mau seneng atau sebel mendengarnya. Seneng karena memang itulah tujuan adanya pagelaran ini, buat hiburan orang di desa. Sebel karena musiknya itu yang menggelegar semalaman suntuk ke seluruh penjuru desa, sampai tikus-tikus tanah mungkin juga kebisingan sama musiknya. Dan tujuan saya pulang kampung adalah untuk menenangkan diri. Jadi praktis saya lebih milih buat condong ke sebel karena pagelaran ini. Belum ditambah suasana ‘mendem’ atau kesurupan yang syarat akan mistik itu.. hiii

Hari sudah agak sore dan music gamelan pengiring pun dimulai. Dan suaranya, beehhh… bikin syaraf telinga tegang nonstop… saya pun keluar menuju halaman dan mencoba melongok ke tempat pagelaran yang tak jauh dari rumah. Hampir semua warga udah berkumpul buat nonton. Heran, kalau masalah embleg sama dangdut aja, langsung pada merapat teratur. Kalau pengajian, walaupun udah di koar2 pake toa keliling, nempel pengumuman sana sini , yang dateng itu-ituuu aja.. yah, mengajak orang menuju pintu kebaikan memang sangat sulit dan hanya orang-orang tertentu yang mau menyambutnya.. #huft #miapah

Waktu saya melihat-lihat suasana di sekitar pagelaran itu,. Kok saya malah jadi tertarik ke sana yah? Hehe… dan saya putuskan untuk ke sana aja. Dengan mengesampingkan hura-hura, klenik dan lain sebagainya,  itung-itung buat tambah koleksi foto dan bisa menyapa tetangga.  Nah, buat yang belum tau apa itu embleg, baca dulu nih..

Embleg/Kuda Lumping 




Tarian embleg adalah tarian tradisional khas daerah Wonosobo yang merupakan tarian rakyat yang menggambarkan pria menunggang kuda yang sedang berlatih perang. Adapun kuda yang ditunggangi adalah jaran kepang yang terbuat dari anyaman bambu. Tari Kuda Kepang / Embleg mengambil legenda Raden Panji Asmara Bangun yang sedang mencari kekasihnya bernama Sekartaji yang sangat dicintainya.

Sejak kehidupan manusia purba, tarian mempunyai peranan yang sangat penting. Selain sebagai sarana upacara keagamaan dan adat, tarian juga sebagai alat untuk mengekspresikan perasaan gembira yang diabdikan untuk keselamatan, kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.



Itu sedikit info tentang embleg. Tarian embleg sendiri juga tidak terlepas dari yang namanya mendem atau kesurupan. Bahkan kalau embleg gak kesurupan, gak lengkap rasanya. Nah ini ni, yang tidak terlalu saya sukai. Karena di situ juga terdapat hal-hal mistis ataupun hal semacamnya. Jadi kadang mencampurkan antara kesenian dengan kemistisan, malah bisa juga mendekati kesyirikan, kalau berlebihan. #huft lagi.

Memang banyak kebudayaan dari masyarakat yang masih sangat sulit terlepas dari ajaran agama nenek moyang, hindu ataupun kejawen. Silahkan temen-temen bisa menilai ataupun memilah sendiri :).

Foto-foto ini hanya sekedar foto yang saya ambil untuk belajar dan menambah jam terbang mungkin, #hehe. Bisa juga dimasukkan dalam kategori Human Interest. Enjoy it! (still w/ my pocket camera and touching up w/photoscape)

the dancer_2
Penari-penarinya emang masih ABG -_-

ready 
Zaman sekarang ma, kuda lumpingnya gaul... pake tatoo -______-

back

kuda lumping
Yook, kite ngumpul dulu nyok.. :3

Saya juga beberapa kali jepret suasana di sekitar situ. Ini nih :

no title_1 
watch
Yang nonton kebanyakan itu emang anak kecil, bayi2, balita, wadoh... -__-'''

cilok
Waa, ada cilok, jadi kepengen :3 #MauMauMau

rainbow_2


Es buah juga sepertinya menggiurkan, :P

Sekian dulu.. Jangan bosen mampir yah! Anyong ! :) 

You Might Also Like

6 comments

  1. aAAAaaaa tulisanmu udah ngalir. bagus rum *thumbsup*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, seiring bertambahnya usia, bertambah sedikit pula ke-alay-an. #ciyus :p

      Delete
  2. assalamu'alaikum mba Hesti..
    sy Fifi - Jilbab Traveler.
    wah baru tau nih ttg Embleg, meskipun mungkin unsur kesurupannya bisa ditemui di kesenian lain ya :)
    btw, nice pictures! hunting foto bareng seru nih kayaknya :)
    great job!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumsalam mba fifi...
      Iya, masih banyak kesenian lain yg ada unsur kesurupannya memang...
      Makasih :). Makasih juga udah mampir. Yuk, diagendakan buat hunting. Besok waktu ke candi abang juga boleh... hehe

      Delete
  3. Mantappp.... selalu senang melihat tulisan dan foto-foto budaya Indonesia. Saya juga baru lihat yang namanya Embleg... maklum, walau nama saya njawa banget, tapi bisa dibilang gak ngerti budaya jawa.

    Tertarik untuk mengirim artikel ini ke peepindonesia.com?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, gak nyangka beneran mampir. Seneng banget... Thanks for visit! :)
      Ya, itu salah satu budaya tradisional di kampung halaman saya Wonosobo. Tapi daerah lain juga sepertinya punya kebudayaan yang hampir mirip..

      baru denger peepindonesia.com, saya buka2 dulu :p.. Makasih infonya... :)

      Delete