Rain Serenade

1:14:00 PM




Hujan.
Waktu di mana para pujangga bangun dari tidur panjangnya
Waktu di mana seseorang tiba-tiba menjadi romantis, pandai bersyair.
Padahal dia bukan seorang pujangga.

Seperti saya.


Pernah ada percakapan saya dengan kakak. Saat itu kami sedang dalam perjalanan ke rumah dari Jogja. Kami sedang mendengarkan musik bersama. Tiba-tiba tercetus pertanyaan dari saya.

Aku : Kok kita bisa ingat suatu memori kalo denger musik ya? Padahal gak ada liriknya, tiba-tiba aja bisa   teringat sesuatu…
Dan kakak saya menjawab dengan singkat, padat, dan bikin penasaran
Kakak : Jangankan  musik, suara hujan aja bisa bikin kita merenung..
Aku : Iya ya…


Dari percakapan itu saya jadi penasaran dengan hal-hal tentang hujan. Akhirnya nemu beberapa artikel tentang itu. Mungkin kalian udah banyak yang tau mengenai ini, tapi saya pengen tetep nulis aja…

Ini dia beberapa fakta mengenai Hujan :
(Sumber : http://www.smartnewz.info/2011/10/11-fakta-menarik-tentang-hujan.html)


  • Rata-rata kecepatan jatuhnya air hujan hanyalah 8-10 km/jam. Titik hujan memiliki bentuk khusus yang meningkatkan efek gesekan atmosfer dan membantu hujan turun ke bumi dengan kecepat-an yang lebih rendah. Andaikan bentuk titik hujan berbeda, atau andaikan atmosfer tidak memiliki sifat gesekan, bumi akan menghadapi kehancuran setiap turun hujan.
  • Ketinggian minimum awan hujan adalah 1.200 meter. Efek yang ditimbulkan oleh satu tetes air hujan yang jatuh dari ketinggian tersebut sama dengan benda seberat 1 kg yang jatuh dari ketinggian 15 cm. 
  • Dalam satu detik, kira-kira 16 juta ton air menguap dari bumi. Jumlah ini sama dengan jumlah air yang turun ke bumi dalam satu detik. Dalam satu tahun, diperkirakan jumlah ini akan mencapai 505x1012 ton. Air terus berputar dalam daur yang seimbang berdasarkan “takaran”. (Subhanallah)
  • Butiran air hujan berubah bentuk ratusan kali tiap detik. Kalau butiran air hujan itu dibekukan akan membentuk keping kristal yg indah, tidak seperti air biasa yang di bekukan di freezer/kul_kas.
  • Setelah hujan turun, tanah, ilalang, rerumputan akan mengeluarkan bau wangi yg khas, senyawa ini dinamakan 'petrichor'. 
  • Dan fakta terakhir yang paling misterius dan mengejutkan ilmuan. Hujan memiliki kemampuan untuk menghipnotis manusia untuk me-resonansi-kan ingatan masa lalu. Dan tanpa bisa mendapatkan bukti ilmiah, para ilmuan hanya bisa menyimpulkan “Di dalam hujan, ada lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yg rindu”. Dan pada titik ini, para ilmuan meyakini bahwa manusia biasanya mendapatkan inspirasi.


Itulah rahasia mengapa para pujangga itu bangun saat musim hujan, menerima derasnya inspirasi dan menuangkannya dalam berbaris syair. Begitu juga dengan saya yang hanya seorang biasa, menyukai hujan dan bisa tiba-tiba menjadi lumayan romantis :)

Kalau bahas tentang Hujan, bakal gak ada habisnya. Filosofi hujan, syair tetang hujan,para penyuka hujan, dan masih banyak lagi.
Tapi disini saya mau bahas what to do if the rain comes? Kalau hujan, apa yang kita lakukan?


When the rain comes,

  • Dancing with The Rain



Judulnya keren ya? "Dancing with The Rain" tapi maksud sebenarnya adalah : HUJAN-HUJANAN.
Ya, waktu kecil pasti kalian udah pernah hujan-hujanan. Kecuali yang belum -_-. Hujan-hujanan di sini maksudnya emang sengaja main hujan, becek-becekan, main lumpur kalau perlu. Pas udah selesai, saatnya kena marah ortu deh, hihihi.
Banyak juga adegan romantis di film-film atau drama-drama yang settingnya hujan-hujanan. So sweet... :)


  • Reading A Book


Karena hujan, ruang gerak menjadi sempit. Kita tidak bisa ke banyak tempat. Jadi membaca buku, merupakan pilihan tepat. Kalau sok-sok romantisnya, bacanya di samping jendela, sambil menikmati alunan suara hujan, #ceile...
Lebih bagus dan full barokah, reading Al-Qur'an is the best choice.. :)

  • Enjoy A Cup of Tea


Sambil baca buku, lebih lengkap ditemani secangkir teh hangat. Ini lebih sering saya lakukan daripada membaca buku. Minum teh sambil nonton TV atau sekedar mengobrol dengan teman atau keluarga. How warm.. :) . Ditemani camilan juga boleh, #awasgemuk hihihi

  • Enjoy The Rainy Song


Mendengarkan lagu, kombinasi yang tepat. Alunan musik dan suara hujan menjadi kombinasi untuk mencari inspirasi. Lagu apa aja yang biasa didengar saat hujan? Kakak saya pernah menulis tentang ini di BLOG-nya.. Pilihan lagunya kurang lebih sama denganku... Once again, murattal is the good choice too..

  • Praying, of Course..

Dalam hadits dikatakan :

'Two will not be rejected, Supplication when the Adhan (call of prayer) is being called, and at the time of the rain'.


(Maaf ya, pake bahasa Zimbabwe lagi, :p )

Dan masih banyak dalam Al-Qur'an yang menyebutkan tentang hujan.

Waktu ketika doa tidak akan ditolak ada dua yaitu saat adzan berkumandang dan pada saat turun hujan.
Waktu hujan turun, banyak-banyaklah berdoa. Hujan itu dipenuhi keberkahan, bersyukur saat hujan turun merupakan hal yang sudah sewajarnya harus kita lakukan. 


  • Just Enjoy It...

Nikmati saja. Harum tanah yang basah, suara gemericik gerimis, tetesan air yang jatuh dari genteng ke pelataran rumah....

Dengarkan suaranya,.. betapa besar karunia Ilahi....


Dan saya suka suasana sehabis hujan. 

Why? I don't know, I just like it.. :)



Image Source :
http://i908.photobucket.com/albums/ac289/JBinvasion/5745236_500.jpg?t=1300539871
http://www.flickr.com/photos/silencio/373562963/
http://fc01.deviantart.net/fs47/i/2009/227/8/6/come_down_now_by_Soyismyhomeboy.jpg
http://favim.com/image/65685/
http://observando.net/page/165
http://nodramadrianna.tumblr.com/post/292734407/via-elleai-want
http://mittaamicha.files.wordpress.com/2012/01/berdoa.jpg
http://picturesandquotes.net/post/10842866815
http://img.xcitefun.net/users/2012/03/289494,xcitefun-the-girl-in-the-rain-by-best10photos.jpg
http://piccsy.com/2011/06/rain-lights/
http://mechtaniya.deviantart.com/art/When-behind-a-window-a-rain-141910725

You Might Also Like

9 comments

  1. Hujan punya cerita :D klo hujan waktunya orang galau atau senang-senang, sedangkan saya pribadi malah terpengaruh untuk tidur -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, Iya ya, tadi malah belum kepikiran sampai situ. Boleh tuh di tambah ke list : TIME TO SLEEP! Tapi tergantung hujannya kayak gimana, kapan, n kondisi kita lg kayak apa....
      Kalo hujannya gak deres banget, waktu pagi2 gak kuliah, wah, betah banget tuh tidurnya #pengalamanpribadi, huehue :3

      Delete
  2. Selain bisa bikin inspirasi jadi deras.. Betul juga kata Putra diatas, hujan bisa bikin tidur makin nyenyak. #truestory nais blog eniwei :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul2, apalagi kalo hjannya gak terlalu deras, n awet. makin lelap tuh tidurnya...

      Makasih udah mampir! :)

      Delete
  3. sayangnya saya salah satu dari sedikit pembenci hujan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha... iya, memang tidak semua orang suka hujan... Kadang aku juga lebih ke khawatir, soalnya di kos itu sering bocor kalo hujan. bocornya gak tanggung2, kayak air terjun ,,, hihihi. Tapi hujan tetap punya pesona tersendiri... :)

      Delete
  4. Penyuka hujan biasanya orangnya melankolis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) Betul betul betul... makanya kalo musim hujan datang, statusnya banyak yang sok2an romantis, hihihi :3

      Delete