Finding My Passion

11:40:00 PM


Udah lama gak mencet link ’NEW POST’ di dashboard. Setelah berkutat dengan UAS yang gak bosen2 nguras tenaga dan pikiran waktu akhir semester, akhirnya saya mencet link itu juga…
Well, mungkin cerita saya kali ini agak membosankan. Tapi cobalah untuk membacanya. Bila tidak kuat, lambaikan tangan ke arah kamera.
Ini cerita tentang penemuan ‘sesuatu’ dalam hidup saya. Istilahnya… ‘apa yang membuat kamu semangat menjalaninya dan berharap menjadi lebih baik di bidang itu’. Masih bingung? Istilahnya postingan ini tentang menemukan ‘my passion’ gitu deh. You got it? Ok, here we go…
Waktu semangat mahasiswa baru masih membara, saya mengikuti banyak seminar, seperti mahasiswa baru lainnya. Seminar apapun kayaknya penting banget buat ikut. Jadi ngerasa bener-bener mahasiswa gitu waktu ikut seminar-seminar.
Seminar, seperti biasa ada mc, moderator, dan pembicara. Kurang lebih seperti itu. Sudah berbagai macam dan aliran seminar saya ikuti, seminar motivasi, interpreneur, kepemimpinan, sampai MLM (lho)..
Tenang bro, jangan khawatir… saya bersih kok, dan ini bukan postingan buat merekrut anggota baru… haha… #apaapaanini littlegirlemoticon
Singkat cerita, saya ini ibarat udah kenyang sama seminar. Dan sebagian besar seminar yang saya ikuti, terutama seminar motivasi, pasti ada bagian ditanyain sama pembicara : “kalian ingin jadi apa nanti?” atau “apa target kalian?”. DUAR! Ini sangat menohok saya sebagai orang yang klontang-klanntung di kota yang asing ini #tseh…
Pernah beberapa kali peserta disuruh nulis apa profesi yang dicita-citakan secara spesifik dan target-target secara spesifik pula. Semua peserta udah megang kertas hvs A4 dan mulai menulis dengan lancar.
Saya celingukan, tengak kanan kiri depan belakang. Semuanya nulis, gak ada yang nungging atau mangap gak jelas.
Kecuali saya.
Tenang, tapi saya gak nungging kok. Sumpah! littlegirlemoticon
Yah, beginilah saya. Saya jalani hari-hari dari bangku sekolah dasar sampe kuliah dengan flat-flat aja. Ya, saya menikmati masa-masa itu. Tapi tidak ada yang membuat saya benar-benar ‘UGH’ gitu… #susahngungkapinnya littlegirlemoticon
Saya bersyukur. Malah SANGAT bersyukur dengan kehidupan yang saya miliki. Keluarga yang luar biasa super, temen2 yang baik, rizki yang cukup. Alhamdulillah. Dan baiklah, saya gak goblok2 amat. Ini gak sombong ya… waktu eSDe, rangking saya emang di bawah terus tapi waktu mulai SMP gak tau kenapa jadi bagus terus.. paling gak lima besar. Begitu sampai sma, dan bangku kuliah. Tapi tetap ada yang kurang. Saya gak punya tujuan mau apa nanti saya jadinya, dan apa yang saya sukai? Kelihatannya ngenes banget gue yak?
Jadi, ketika semua peserta udah dengan lancarnya nulis keinginan mereka, saya bingung gak karuan. Mau jadi apa saya nanti????? Saya lirik punya peserta sebelah saya. Wuih, dahsyat bener… dia nulis cita-citanya dengan spesifik. Dia mau jadi INI, SEKIAN taun lagi. Terus mendirikan ITU BERAPA tahun lagi. Pokoknya sudah terencana dengan rapi. Apa kabar kertas saya? Masih kosong. Saya sih santai aja, tetep dalam posisi tadi. Pandangan saya tanpa ekspresi dan pikiran saya mulai ‘loading’. Saya mau jadi apa sih?
….
….
….
“yak, 5 menit lagi. Bagi yang sudah, sekarang tukarkan kertas Anda dengan sebelah kalian.” Si pembicara membuyarkan loading ku yang sinyalnya masih roaming. littlegirlemoticon
Saya mulai agak gugup nih. Dan walhasil, saya nulis sekenanya. Dan menulis jawaban klasik orang yang gak punya cita-cita jelas dan dipaksa nulis cita-citanya. Bukan kok, saya gak nulis ‘ingin menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa’… saya usah gede kali…. Hahahaha
Oke, agak nyrempet2 ke situ sih, tapi gak persis kok. Bener!
littlegirlemoticon
Sebenernya saya lupa nulis apa #ngeles. Tapi yang jelas saya nulis dengan kaku bahwa saya ingin jadi seseorang yang ahli di bidang atau jurusan yang saya tekuni saat kuliah saat itu. Apa itu? Cari tau sendiri, hehe… Dengan gak yakin, saya menyerahkan kertas itu pada sebelah saya. Kemudian semua peserta disuruh menandatangani dan memberi pesan semangat di bawah tulisan temannya, kemudian mengembalikan kepada pemiliknya. Dan setelah seminar itu, saya jadi mikir. Yang ini bener2 mikir.
Saya sebenarnya maunya apa sih???
Dan pertanyaan itu akhirnya terlupakan selama kurang lebih 2 tahun. Tergantikan dengan rutinitas kampus yang dalam benak saya biasa aja. Waktu dapet nilai bagus, ya Alhamdulillah. Tapi tidak ada yang membuat saya bener-bener bersemangat.
Sampailah pada suatu hari, ada seseorang yang mengirimi saya sebuah undangan. Apa itu? Ternyata sebuah undangan buat ikut kelas fotografi. Sebenernya itu undangan buat mewakili ormawa (Organisasi Mahasiswa). Dan kebetulan saya lagi ada waktu, jadi deh saya berangkat mewakili ormawa saya.
Dan hasilnya apa? Bisa dilihat dari postingan2 sebelumnya. Isinya foto2 yang walau masih jauh dari sempurna, tapi saya senang menjalaninya. It’s like you’re finally found your passion. Bagaimanapun hasilnya, tapi kalau bisa membuatmu selangkah lebih maju kenapa enggak?
Eits, tapi tetep perhatiin norma dan agama ya… jangan asal milih. Kamu menjalani kegiatan yang kamu senangi tapi malah menjerumuskan kamu dalam hal yang ‘tidak2’? No no no… Mending milih yang ‘iya2’ aja deh….
Ada yang masih dalam pencarian ‘your truly passion’? percaya deh pasti suatu saat kau akan menemukannya. Tetap jalani hari dengan semangat. Jangan niru saya. Jadiin pelajaran aja. Jadikan hari-harimu berwarna! Warnai hari-hari dengan kegiatan-kegiatan positif. InsyaAllah juga akan membawa dampak positif juga. Oke?
Ini ceritaku, apa ceritamu?

Next post à kenal lebih jauh dengan TOekangpoto Yogyakarta
Tunggu ya! Sebagai penutup, kurang afdol kalo gak liatin hasil jepretan… Hehe.
Foto ini diambil waktu sesi hunting pertama sama TOekangpoto. cekidot!

Kupu @embung

You Might Also Like

12 comments

  1. good job sista :)

    love your post.

    I can't find mine though, so...don't worry

    ReplyDelete
  2. Blognya keren.. artikel2nya didukung emotikon yg pas bgt... trus saya plg suka bagian yg ini "...interpreneur, kepemimpinan, sampai MLM (lho).. Tenang bro, jangan khawatir… saya bersih kok..." lucu abiz... oh ya, saya juga masih bersih... wkwkwk

    ReplyDelete
  3. @rana... tanx sisT... :)

    @Udhi... haha, makasih... seneng rasanya ada orang yang seneng baca tulisan saya... salam kenal!! :D

    ReplyDelete
  4. suka suka... aku juga pernah ngebahas soal ini.. mhm.. menarik yah


    semangat :D

    ReplyDelete
  5. Ayoo pencet-pencet New Post lagi...

    ReplyDelete
  6. makasih makasih... o, gitu ya... oke, saya mampir ah... :)

    ReplyDelete
  7. @Uzay Gingsull... oke, saya usahakan... tapi harus baca lo #ngancem haha

    ReplyDelete
  8. hmm... sip2... belajar yang rajin ya biar lebih berguna bagi nusa dan bangsa

    ReplyDelete
  9. hehe... insyaAllah... semoga saya bisa berguna.. :)

    ReplyDelete
  10. Mba ayuuuuummmmm... baguspun tulisannya.. *terharu
    Semangat belajar mbak.. Ftografi untuk dakwah, let's try :)

    ReplyDelete
  11. hehe, makasih makasih... oke, let's try!! :)

    ReplyDelete
  12. kunjungan gan .,.
    Belajarlah untuk bisa menerima sesuatu yang baru.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    ReplyDelete